logo

Rokok "Menghancurkan" Masa Tulang



Indonesia, adalah salah satu negara penghasil devisa negara terbesar dari rokok, maka dari itu komoditas ini susah dibendung. pada kenyataanya bila dilihat dari efek buruknya kebiasaan merokok menyebabkan penyakit jantung, gangguan kehamilan, dan sebagainya. Namun, ada penelitian baru menyebutkan bahwa efek dari kebiasaan rokok juga berpengaruh pada kesehatan rangka tubuh atau tulang.

Dalam penelitianya tulang seorang perokok ketika mengalami retak atau patah akan susah dalam pemulihanya dari pada tulang orang yang sehat. Hal sudah di buktikan dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 50 partisipan perokok maupun non perokok, yang mengalami patah tulang kaki.

Penyebabnya adalah Racun-racun di dalam asap rokok terbukti mempercepat penyerapan kembali tulang lama, dan menghambat pembentukan tulang baru. Bahkan selain memperlambat pemulihan tulang yang retak atau patah masalah ini juga dapat menyebabkan tulang kropos atau Osteoporosis. yah, rokok memang memiliki efek buruk jangka panjang bagi para penikmatnya.

Disebutkan oleh pakar kesehatan tulang Bahwa kebiasaan merokok berkaitan dengan kerapuhan tulang, dan salah
satu faktor yang berkontribusi adalah kurang efisiensinya absorpsi kalsium. Zat yang terdapat dalam rokok dapatmenyebabkan

kerusakan pada tulang. Merokok dapat menekan kadar hormon testoteron, efek penurunan hormon
testosteron terhadap tulang dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis.contoh lainya adalah:

1. Semakin lama Anda merokok, semakin banyak rokok yang Anda konsumsi, maka semakin besar risiko patah tulang di usia tua.
2. Perokok yang mengalami patah tulang cenderung lebih lama mengalami kesembuhan dan mungkin mengalami komplikasi selam   proses penyembuhan.  
3. Pengeroposan tulang lebih sering dialami pada wanita yang lebih tua dan laki-laki yang merokok.
4. Satu studi menunjukkan, terlalu sering terpapar asap rokok di masa muda berisiko perkembangan massa tulang yang rendah.
5. Wanita perokok menghasilkan sedikit estrogen (hormon seks) dan mengalami menopause lebih awal. Keduanya penyebab dari keropos tulang.
6. Perlu beberapa tahun untuk menurunkan risiko massa tulang rendah dan patah tulang pada mantan perokok.(Easter S/Nova)

Lalu apakah masalah ini juga mempengaruhi kinerja dari suplemen kalsium yang kita minum?. Jawabanya adalah Ya, lalu

bagaimana caranya agar suplemen kalsium diserap baik oleh tulang para perokok?.  caranya adalah :
1. Mengurangi konsumsi rokok, BERHENTI rokok lebih baik.
2. Mengkonsumsi makanan yang bersifat mendetoksifikasi toxin dalam tubuh seperti manggis, lemon, teh hijau dll.
3. Menjaankan pola hidup yang sehat, termasuk pola tidur anda.
4. Mengkonsumsi mineral yang cukup.
Dengan cara begitu organ tubuh dan organ kita terhindar dari toxin-toxin penghambat penyerapan kalsium pada tulang kita.

semoga artikel ini bermanfaat, bila anda memiliki keluhan tentang kesehatan tulang anda bisa cek blog ini
karena kami juga menyediakan produk-produk untuk permasalahan tulang anda. info lanjut hubungi kontak kami.

_Thanks_

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Contact us